Dalam dunia bisnis saat ini, batas antara pemasaran online dan offline semakin kabur. Yang terakhir, pemasaran fisik, dapat diabaikan saat ini, namun tetap menjadi senjata ampuh bila dimanfaatkan dengan cara yang benar. Hal ini terjadi ketika kampanye pemasaran cetak Anda ditingkatkan melalui sumber daya digital.
Internet adalah rumah bagi banyak alat dan sumber daya, dan pemilihan yang tepat dapat membantu meningkatkan efektivitas upaya pemasaran cetak Anda. Berikut ini penjelasan cara memanfaatkan solusi online ini semaksimal mungkin.
Memanfaatkan Alat Desain Digital untuk Cetak
Seperti yang Anda ketahui, langkah pertama dalam setiap kampanye pemasaran cetak yang sukses adalah menciptakan visual yang menarik. Kabar baiknya adalah dengan platform desain online seperti Adobe Creative Cloud dan Canva, Anda memiliki akses ke serangkaian alat untuk menghasilkan desain yang terlihat profesional. Platform ini menawarkan templat yang dirancang khusus untuk dicetak, memastikan materi Anda tampak bagus setelah diproduksi.
Temukan Penyedia Layanan Percetakan yang Tepat
Ada berbagai alasan mengapa Anda ingin memilih penyedia yang tepat. Dengan layanan pencetakan dan pengiriman surat langsung, misalnya, Anda perlu memikirkan aspek-aspek seperti biaya, kualitas, dan berbagai fitur yang disertakan. Perusahaan yang menawarkan harga kompetitif dan transparansi adalah perusahaan yang ideal, di mana mereka dapat memeriksa karya seni Anda, menerima milis Anda, dan mengirimkan materi cetak berkualitas tinggi dengan cepat.
Dengan internet, Anda tidak perlu memilih penyedia lokal. Anda dapat mengembangkan dan memilih dari lebih banyak pilihan printer profesional. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membaca review dan membandingkan informasi penting seperti harga, kualitas bahan, dan teknologi pencetakan yang digunakan. Anda kemudian dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang printer mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kampanye Anda.
Integrasikan Analytics untuk Distribusi Bertarget
Saat membandingkan alat pemasaran fisik dengan alat pemasaran online, alat pemasaran online memiliki keunggulan signifikan dalam satu bidang: kemampuan menganalisis dan menggunakan data. Alat seperti Google Analytics dapat memberikan wawasan tentang demografi, minat, dan perilaku audiens Anda, yang semuanya dapat sangat berharga ketika berhasil menargetkan distribusi media cetak Anda.
Pada akhirnya, analisis online memungkinkan Anda mengidentifikasi audiens target Anda dengan lebih tepat dan memahami di mana mereka berada. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa sebagian besar audiens Anda sering mengunjungi wilayah tertentu, Anda dapat memfokuskan upaya surat langsung Anda di lokasi tersebut.
Promosi Silang Melalui Kode QR dan URL
Cara cerdas untuk menggabungkan upaya pemasaran online dan offline Anda adalah melalui penggunaan kode QR dan URL. Dengan menyertakan ini dalam materi cetak Anda, Anda dapat mengarahkan penerima ke segala hal mulai dari situs web Anda hingga profil media sosial. Misalnya, Anda dapat mengirimkan surat fisik ke calon pelanggan yang mengiklankan promosi online terbaru Anda. Agar mereka dapat bertindak, Anda dapat mengarahkan mereka untuk memindai kode QR yang disediakan untuk mengambil langkah berikutnya.
Pendekatan ini tidak hanya mengarahkan lalu lintas ke platform digital Anda. Ini juga memungkinkan pelacakan efektivitas kampanye cetak Anda melalui metrik online. Selain itu, seperti yang disoroti dalam taktik sebelumnya, Anda dapat menggunakan data ini lebih lanjut untuk menyempurnakan upaya pemasaran Anda dengan lebih baik.